Cetak Kader Militan dan Loyal

Standar

Jumat (25/3), Pelatihan Kader Dasar (PKD) Rayon Dakwah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Djoko Tingkir Kota Salatiga dimulai. PKD dengan tema “Mencetak Kader yang Militan dan Loyal Sesuai Tuntunan Ahlusunnah Wal Jamaah”” ini dibuka oleh ketua Cabang PMII Kota Salatiga, sahabat Anto Prima Atmaja.

Kegiatan ini bertempat di Pondok Pesantren An-Nur, Candirejo Tuntang, Kabupaten Semarang. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk menciptakan kader bangsa yang progresif bagi kaum muda/mahasiswa Indonesia. Tujuan lain pelatihan ini adalah “menumbuhkan Paradigma Kritis Transformatif” yang terealisasikan oleh peserta dalam pendalaman 8 materi dalam kegiatan tersebut.

Materi itu di antaranya: “Analisa diri dan analisa sosial,  Ahlusunnah wal jamaah, nilai dasar pergerakan (NDP), paradigma PMII, studi gender dan feminisme, sejarah ideologi dunia (SID), antropologi kampus, serta keorganisasian dan menejemen aksi”.

Diikuti 24 peserta yang berasal dari 17 peserta dari Rayon Dakwah, 3 perwakilan dari Rayon Syariah, 2 dari Rayon Ekonomi Bisnis Islam (REBI), 1 Rayon Tarbiyah Mathori Abdul Djalil (MAD), serta 1 perwakilan dari Rayon Ushuludin Adab dan Humaniora.

Tidak hanya untuk meningkatkan daya kritis peserta, namun juga mengajak peserta untuk menerapkan secara langsung asas Tauhid, Habluminallah, Habluminannas, serta Hablumminal alam yang secara tidak langsung telah terangkum dalam materi Nilai Dasar Pergerakan (NDP). Salah satu penerapannya, peningkatan asas Hablumminallah di antaranya sholat berjamaah, dan ziarah kubur. .

Harapan adanya kegiatan ini yaitu dapat mencetak kader yang nantinya dapat menjadi mahasiswa yang lebih aktif dan serius dalam berorganisasi maupun dalam berkuliah, “peserta lebih aktif dalam berorganisasi dan lebih serius, tidak seperti halnya kuliah pulang-kuliah pulang” ucap ketua Rayon Dakwah, Muhammad Rifngani. 

 

by: eLKaJe PM11′ Al Khusna F.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s